KEGIATAN PELAKSANAAN POSYANDU LANSIA BERSAMA KADER, NAKES DAN MAHASISWA KKN-IK IAIN KUDUS DI DESA KARANGKONANG

Pati ( 17/09/2021) Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu lansia merupakan pengembangan kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program puskesmas dengan melibatkan peran serta lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.
Posyandu lansia ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan kesehatan lansia di masyarakat, mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelayanan kesehatan.
Posyandu lansia di desa Karangkonang ini dilaksanakan 1 bulan sekali yaitu setiap tanggal 17. Kegiatan posyandu lansia ini dilaksanakan di Balai Desa Karangkonang dan gedung BUMDES Karangkonang dengan cara bergantian setiap bulannya. Dalam kegiatan posyandu lansia ini dilakukan pemeriksaan tekanan darah, berat badan, pemeriksaan dan pengobatan ringan seperti pemeriksaan asam urat, pemeriksaan gula serta pemberian makanan tambahan.
Dalam kegiatan ini dilakukan mulai dari pendaftaran, pemeriksaan, pencatatan, dan penyuluhan.


Dalam kegiatan posyandu lansia ini mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus membantu menimbang dan mencatat berat badan. Peserta dari kegiatan ini dimulai dari usia 40-an tahun sampai >65 tahun. Pada saat posyandu lansia di BUMDES Desa Karangkonang diikuti sekitar 40 peserta.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan